Pemerintah Janji Tiap Tahun Kesejahteraan Buruh Meningkat

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) berjanji melakukan perubahan setiap tahun terkait kesejahteraan para buruh atau pekerja karena setiap pekerja wajib mendapatkan penghidupan yang layak.

Hal ini dikatakan Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kemnakertrans Irianto Simbolon saat menghadiri acara May Day bertema Kemauan, Kemajuan dan Kepercayaan di perusahaan retail Carrefour MT Haryono, Jakarta Timur.

“Setiap tahun kita adakan perubahan peningkatan, pertama peningkatan gaji atau upah, peningkatan fasilitas lainnya. Setiap tahun terjadi peningkatan kesejahteraan,” katanya, Kamis (1/5/2014).

Dia melanjutkan, untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja itu pemerintah sudah menyiapkan banyak program. Salah satunya dengan terus berkomunikasi dengan pengusaha-pengusaha.

“Program pemerintah sungguh banyak. Kita lakukan cukup gencar. Kita minta pengusaha-pengusaha memberikan jaminan kehidupan layak bagi pekerjanya,” ujar dia.

Kemudian, pemerintah juga memberikan kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan. Hal itu dikatakan agar pekerja bisa meningkatkan kualitasnya setelah itu bisa meningkatkan produktifitasnya dan menghasilkan penghargaan.

“Pelatihan-pelatihan pemerintah juga diberikan kepada pekerja. Supaya kalau mereka meningkat kualitasnya maka meningkat pula produktifitasnya dan sudah pasti penghargaan akan didapatkan para pekerja tadi,” tandas dia.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, pelaksanaan May Day yang identik dengan aksi perusakan justru tak tampak di Carrefour MT Haryono.

Pelaksanaan hari buruh di dalam gedung ini dilakukan dengan cara berbeda. Seperti halnya perlombaan tarik tambang, pemberian beasiswa dan pemeberian karyawan berprestasi.

(nurmayanti) ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>