Forum Serikat Pekerja Karet dan Ban Indonesia Perkuat Konsolidasi dan Buat Database

KOMPAK Seluruh peserta Forum Perusahaan Pabrik Ban dari belasan PUK foto bersama usai menggelar pertemuan dan konsolidasi di Subang, Jawa Barat, Sabtu 12 Januari 2019. (ISTIMEWA)

KOMPAK
Seluruh peserta Forum Perusahaan Pabrik Ban dari belasan PUK foto bersama usai menggelar pertemuan dan konsolidasi di Subang, Jawa Barat, Sabtu 12 Januari 2019. (ISTIMEWA)

SUBANG (BERITA DAERAH) — Sekitar 50-an orang perwakilan Pengurus Unit Kerja (PUK) yang tergabung di Forum Serikat Pekerja Karet dan Ban Indonesia menyelenggarakan konsolidasi pertama di awal tahun 2019 ini. Pertemuan ini dilaksanakan di Ciater Highland Resort, Subang, Jawa Barat pada Sabtu 12 Januari 2019. Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut kunjungan Ketua Bidang SDM dan Organisasi FSP KEP SPSI, Ferri Nurzali, SE., menghadiri acara internasional bertajuk “Industri ALL Global Union’s Rubber Industry Meeting” di Hotel Sofitel BkC, Mumbai, India, pada tanggal 18-19 Desember 2018, lalu.

Selain wakil dari Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP KEP SPSI), delegasi lain dari Indonesia yang ikut acara di India adalah Hasan Ahmad dari Chemical Energi and Mined Worker’s Union – Cemwu – SPSI Indonesia dan perwakilan dari Goodyear Indonesia. Selain dari Indonesia, acara tahunan tersebut dihadiri peserta dari berbagai negara, di antaranya Turki, Vietnam, Argentina, Swiss, India, Cile, Itali, Malaysia, Meksiko, Filipina, Afrika Selatan, Sri Lanka, dan Thailand. Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Ferri Nuzarli, menyampaikan permasalahan tantangan Serikat Pekerja baik internal maupun eksternal di Indonesia. Dalam paparan powerpoint 25 halaman, Ferri menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki belasan perusahaan ban. Diantaranya PT. Gadjah Tunggal, Tbk; PT. Bridgestone Indonesia; PT. Sumi Rubber (Dunlop); dan lainnya.

Penajaman Isu Industri Ban

PAPARKAN HASIL KUNJUNGAN INDUSTRIALL UNION GLOBAL Ketua Bidang SDM dan Organisasi FSP KEP SPSI, Ferri Nuzarli (empat dari kanan, baju biru) dan Direktur Diklat PP FSP KEP SPSI, Candra Mahlan (paling kanan), memberikan arahan dan materi untuk konsolidasi peserta orum Perusahaan Pabrik Ban di Subang, Jawa Barat, Sabtu 12 Januari 2019. (ISTIMEWA)

PAPARKAN HASIL KUNJUNGAN INDUSTRIALL UNION GLOBAL
Ketua Bidang SDM dan Organisasi FSP KEP SPSI, Ferri Nuzarli (empat dari kanan, baju biru) dan Direktur Diklat PP FSP KEP SPSI, Candra Mahlan (paling kanan), memberikan arahan dan materi untuk konsolidasi peserta Forum Perusahaan Pabrik Ban di Subang, Jawa Barat, Sabtu 12 Januari 2019. (ISTIMEWA)

Ferri Nurzali yang juga Ketua PC Karawang FSP KEP SPSI, mengatakan pertemuan Forum Serikat Pekerja Karet dan Ban Indonesia yang diikuti 50 orang tersebut membahas Rencana Kerja Forum tahun 2019 yang terdiri 11 Poin:

Rencana Kerja Forum Tahun 2019

1. Deklarasi Forum Serikat Pekerja Karet dan Ban Indonesia pada bulan Maret 2019.
2. Melengkapi database tentang SP/SB Pabrik Karet & Ban di Indonesia.
3. Pendataan tentang Bisnis Karet & Ban di Indonesia.
4. Study banding dan komparasi tentang PKB di masing-masing Perusahaan Karet dan Ban untuk PKB sektor Karet dan Ban.
5. Persiapan Upah Nasional Sektoral Karet dan Ban.
6. Mengadakan Pendidikan Bersama.
7. Kunjungan Kerja ke Asosiasi Pengusaha Ban Indonesia.
8. Pertemuan Konsolidasi dua bulan sekali.
9. Persiapan mengikuti Pertemuan Sektor Karet/Ban IndustriALL 2019.
10. Membuat Standard alur produksi perusahaan Ban.
11. Rencana Iuran Forum Rp. 300.000 – Rp. 500.000, mulai bulan Februari 2019.

Kepengurusan Periode 2019-2022

Susunan Kepengurusan Forum Serikat Pekerja Karet dan Ban Indonesia Periode Januari 2019 s/d Januari 2022 :

1. Ketua FERRI NUZARLI
2. Wakil IWAN IBNU
3. Sekretaris ZAENAL ARIFIN
4. Bendahara RONNY
5. Bidang Upah & PKB ZEN MUTOWALI
6. Bidang K3 TRI BUDI SANTOSO
7. Bidang Bisnis Ban YUSUF SANJAYA
8. Bidang Pendidikan ENJAM KADI

Selain dihadiri Ferri NuzarliForum Serikat Pekerja Karet dan Ban Indonesia juga dihadiri Sekretaris Forum Karet dan Ban, Iwan Ibnu, dan Direktur Diklat PP FSP KEP SPSI, Candra Mahlan. Hadir pula Pangkorwil Brigade Jawa Barat, Suparno PS dan Sekretaris PC FSP KEP SPSI Karawang, Anto Budianto. “Forum ini diharapkan bisa menjadi lebih mudah dalam menjawab tantangan industri ban di Indonesia. Terlebih lagi, ke depannya bisa menjadi forum komunikasi yang efektif,” ujar Ferri Nurzali.

MENYUSUN DATABASE Ketua Bidang SDM dan Organisasi FSP KEP SPSI, Ferri Nuzarli dan Direktur Diklat PP FSP KEP SPSI, Candra Mahlan, memberikan arahan dan materi untuk konsolidasi peserta Forum Perusahaan Pabrik Ban di Subang, Jawa Barat, Sabtu 12 Januari 2019. Salah satu hasil pertemuan adalah rencana penyusunan database semua anggota Forum Perusahaan Pabrik Ban.  (ISTIMEWA)

MENYUSUN DATABASE
Ketua Bidang SDM dan Organisasi FSP KEP SPSI, Ferri Nuzarli dan Direktur Diklat PP FSP KEP SPSI, Candra Mahlan, memberikan arahan dan materi untuk konsolidasi peserta Forum Perusahaan Pabrik Ban di Subang, Jawa Barat, Sabtu 12 Januari 2019. Salah satu hasil pertemuan adalah rencana penyusunan database semua anggota Forum Perusahaan Pabrik Ban. (ISTIMEWA)

Forum Serikat Pekerja Karet dan Ban Indonesia ini kali terakhir menggelar pertemuan pertama pada bulan November 2018 di Bekasi, Jawa Barat. Sementara pertemuan kali kedua ini di Ciater Highland Resort, Subang, Jawa Barat pada Sabtu 12 Januari 2019 kemarin dihadiri sekitar 50 anggota. Dari 24 perusahaan, yang hadir hanya 11 PUK. Ke-11 PUK tersebut adalah:

1. PT. Sumi Rubber Indonesia
2. PT. Hankook Tire
3. PT. GoodYear Indonesia
4. PT. Evaluzione Tire
5. PT. Elang Perdana
6. PT. Hung A Tire
7. PT. Multistrada
8. PT. Ha Tire
9. PT. Bridgestone Tire Indonesia karawang
10. PT. Bridgstone Tire Indonesia Bekasi
11. PT. Gajah Tunggal Indonesia
12. PT. Kharisma
13. PT. Hurindo
14. PT. Surya Raya

Selanjutnya, pertemuan ketiga akan dilaksanakan di Bogor, Jawa Barat, sebagai tuan rumah SP/SB Ban, Elang Perdana. (TIM MEDIA)

Berita Terkait :

FSP KEP SPSI Ikuti ‘Industri ALL Global Union’s Rubber Industry Meeting’ di India

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>