Rakernik PUK PT J.Sourches Bolaang Mongondow Dihadiri Pengurus Pusat

KOMPAK Jajaran Pengurus Pimpinan Unit Kerja (PUK) PT. J-RESOURCES Bolaang Mongondow bersama Pengurus Pusat di sela acara Rapat Kerja Unit (Rakernik) Tahun 2019 pada tanggal 14-16 Januari 2019 di Tambang Emas Site Lanut Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. (ISTIMEWA)

KOMPAK
Jajaran Pengurus Pimpinan Unit Kerja (PUK) PT. J-RESOURCES Bolaang Mongondow bersama Pengurus Pusat di sela acara Rapat Kerja Unit (Rakernik) Tahun 2019 pada tanggal 14-16 Januari 2019 di Tambang Emas Site Lanut Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. (ISTIMEWA)

BOLAANG MONGONDOW (BERITA DAERAH) — Untuk penguatan soliditas dan solidaritas organisasi, Pimpinan Unit Kerja (PUK) PT. J-RESOURCES Bolaang Mongondow menyelenggarakan Rapat Kerja Unit (Rakernik) Tahun 2019 pada tanggal 14-16 Januari 2019 di Tambang Emas Site Lanut Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Yang menarik, Rakernik pada awal tahun 2019 ini dihadiri dua pengurus Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP KEP SPSI), yakni Ketua Bidang SDM dan Organisasi FSP KEP SPSI, Ferri Nurzali, SE. dan Bendahara Umum, Mustopo. Pada pembukaan Rakernik, hadir manajemen dari perusahaan PT. J-RESOURCES Bolaang Mongondow, yakni Bapak Andreas sebagai Manager IR dan GA Rechourse Nusantara; serta Manager HRGA PT. J-RESOURCES Nusantara, Bapak G. Lintang Jati.

PENGUATAN ORGANISASI

PENGUATAN ORGANISASI

Dalam sambutannya, G. Lintang Jati mengharapkan semua pihak di lingkungan perusahaan untuk mempertahankan Hubungan Industrial yang Harmonis, Dinamis dan Berkelanjutan, yang selama ini sudah berjalan dengan baik dan lancar.

RAKERNIK 2019

RAKERNIK 2019

Sedangkan, Ferri Nurzali menyampaikan sejumlah hal penting kepada para peserta Rakernik dan Pengurus PUK. (1) Jajaran pengurus PUK dianjurkan membuat Program selama satu tahun ke depan, dengan mengacu pada enam Penguatan Organisasi.

Keenam Penguatan Organisasi untuk menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0, adalah :

1. Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM)
2. Penguatan Keuangan Organisasi
3. Penguatan Advokasi
4. Penguatan Soliditas dan Solidaritas
5. Penguatan Administrasi dan Teknologi Informasi
6. Penguatan Propaganda Positif.

RAKERNIK 2019

RAKERNIK 2019

(2) Khusus untuk Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), kata Ferri, jajaran Pengurus PUK harus membuat Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) 3 (tiga) bulan sekali, yang dihadiri Narasumber dari PP FSP KEP SPSI. (3) Meningkatkan iuran anggota dan minta distribusi ke perangkat sesuai aturan. “PUK harus mulai mandiri dan membuat laporan 3 (tiga) bulan sekali,” kata Ferri. Ferri juga memberikan pesan kepada Serikat Pekerja dan pihak Manajemen untuk membangun Hubungan Industrial yang Harmonis, Dinamis dan Berkeadilan. “Bangun tradisi runding, Bangun taat azas dan bangun kesetaraan,” tegas Ferri yang sekaligus membuka acara Rakernik tersebut.

KONSOLIDASI PUSAT DAN DAERAH

KONSOLIDASI PUSAT DAN DAERAH

Tidak ketinggalan, Bapak Mustopo juga memberikan sambutan di hadapan peserta Rakernik. Dalam pemaparannya, Mustopo mengajak semua Serikat Pekerja (SP) untuk bersatu. Agar terjalin persatuan, sebaiknya di PT. J-RESOURCES Bolaang Mongondow hanya berdiri satu Serikat Pekerja (SP) dan tidak terjadi dualisme. “Saya minta agar kaan-kawan SP bersatu, demi kepentingan pekerja dan organisasi serta keberlangsung perusahaan,” katanya.

RAKERNIK 2019

RAKERNIK 2019

Ketua SP KEP SPSI PT. J-RESOURCES, Bung Reicy Matei menyampaikan rasa bangga bila acara Rakernik tersebut bisa dihadiri para petinggi dari pengurus pusat. “Hal ini menunjukkan kepedulian pengurus pusat kepada anggota di daerah. Namun, kami juga mengharapkan bimbingan berkala dari pengurus pusat agar keberadaan SP KEP SPSI di daerah semakin lebih baik lagi,” katanya. Lebih lanjut, Reicy juga mengharapkan pada bulan Maret 2019 nanti bisa dibentuk Pengurus Pimpinan Daerah (PD) SP KEP SPSI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sekaligus dibentuk pula beberapa Pimpinan Cabang (PC) SP KEP SPSI. (Tim Media PP FSP KEP SPSI/Zaky)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>