DAPATKAH SERIKAT PEKERJA DI INDONESIA MEMBANGUN KOPERASI SEPERTI DI SINGAPURA??

by -138 Views
oleh : Indra Munaswar

Koperasi NTUC Fair Price didirikan pada tahun 1973 atas inisiatif aktivis organisasi buruh Singapura, National Trade Union Conggress (NTUC). NTUC ini pengaruhnya di pemerintahan cukup kuat.

Misi awal didirikannya NTUC Fair Price adalah untuk meringankan ongkos hidup pekerja, yang sampai saat ini tetap tidak berubah dan justru terlihat semakin kuat dengan keanggotaan terbuka bagi seluruh warga Singapura. Saat ini koperasi ini telah dimiliki oleh lebih dari 500 ribu jumlah anggota.

Toko pertama dari NTUC Fair Price dibuka oleh Lee Kwan Yew, Perdana Menteri pertama Singapura ketika itu.

Mereka menaruh nilai demokrasi koperasi sebagai alat ukurnya dan memberikan pelayanan maksimal dengan slogan “serve with heart” (melayani dengan hati).  Mereka juga aktif mengkampanyekan isu lingkungan dan praktek pencegahan pemanasan global. Mereka jadikan perusahaan koperasi mereka sebagai tempat yang terbaik untuk berbelanja, bekerja dan baik bagi warga negara Singapura.

NTUC Fair Price tidak hanya telah jadi tempat belanja yang nyaman, namun telah ciptakan demokrasi di tempat kerja.

Tidak hanya di bidang ritel, NTUC Fair Price sebagai holding perusahaan sosial koperasi saat ini terus mengembangkan sayap dan jadi merek terkenal diberbagai sektor bisnis dari sekolahan, kampus, makanan, media, rumah sakit, hotel, taxi, dan terutama adalah asuransi yang merupakan perusahaan asuransi besar kedua di negara ini dengan merek NTUC Income.

Para pengurus NTUC diupah dan diberikan berbagai fasilitas dari keuntungan yang diperoleh NTUC Fair Price.