Apindo dan SPSI Selenggarakan Hari Pekerja Indonesia 2024

by -27 Views

CEMWU, Bekasi — Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Bekasi menyambut baik atas diselenggarakannya Hari Pekerja Indonesia Indonesia Ke-33 tahun 2024 yang digelar di Plaza Pemkab Cikarang Pusat, pada Selasa (20/02/2024).

Ketua Apindo Kabupaten Bekasi, Sutomo menjelaskan Hari Pekerja Indonesia (Harpekindo) yang diselenggarakan oleh Pemkab Bekasi menjadi modal dalam membangun hubungan industrial antar tiga pilar (pemerintah, pengusaha, pekerja).

Menurutnya ini bisa mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi antar pihak tersebut dengan tujuan nilai unggul bagi pengusaha dan pekerja. “Mudah-mudahan dengan ini kita bisa sama-sama membangun komunikasi lagi,” jelasnya.

Dalam melihat keselamatan dan kesehatan kerja, Apindo Kabupaten Bekasi berupaya menyadarkan kepada masyarakat industri, baik pengusaha maupun pekerja. Selama ini, menurut Sutomo, kecelakaan kerja terjadi karena faktor behavior unsafe (kecelakaan kerja karena tidak mengikuti prosedur dan syarat bekerja).

“Itu bisa disebut perilaku yang tidak aman oleh pekerja. Jadi bukannya unsafe condition (kecelakaan yang timbul karena kondisi tidak aman). Itu yang jadi konsep dasar kita memahamkan pentingnya K3,” ungkapnya.

Ketua SPSI Kabupaten Bekasi sekaligus Wakil Ketua Tripartit, R. Abdullah menyampaikan pihaknya menyambut baik atas diselenggarakannya Harpekindo 2024 oleh Pemkab Bekasi.

Dia berharap di tahun mendatang Hari Pekerja Indonesia bisa diselenggarakan secara rutin.

“Sadar betul, bahwa dengan Hari Pekerja, pemerintah memberikan penghormatan, menghargai daya upaya pekerja, sekaligus menyadari bahwa pekerjalah soko guru pembangunan,” jelasnya usai acara.

Dia menambahkan, ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Bekasi terhadap pekerja yang ada di Kabupaten Bekasi. Ke depan dia mengharapkan hari peringatan ini menjadi momentum untuk menguatkan sumber daya manusia (pekerja).

“Dengan dasar itu pemerintah, Apindo, dan serikat-serikat buruh untuk meningkatkan SDM-nya, bagi masyarakat Kabupaten Bekasi,” katanya.