IndustriALL JAF adakan Study Banding ke Serikat Pekerja di Indonesia

by -24 Views

Jakarta (KEPTV) — Para pimpinan serikat pekerja Jepang yang tergabung dalam Japanese Chemical and Energy Industry Affiliates Federation IndustriALL Global Union. Memulai rangkaian study bandingnya di Indonesia, yang menerima delegasi dari IndustriALL JAF oleh SP KEP SPSI (CEMWU) dan FSP KEP KSPI di Harris Hotel Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024.

Sebanyak 15 orang delegasi Japanese Chemical and Energy Industry Affiliates Federation. IndustriALL Global Union. Bertemu dan berdiskusi dengan sekitar 25 orang yang berasal dari perwakilan SP KEP SPSI (CEMWU) dan FSP KEP KSPI.

Acara yang bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama antar serikat pekerja Indonesia dan serikat pekerja Jepang bertemakan Youth Exchange Program for Trade Union Leaders Between Japan and Indonesia IndustriALL JAF – CEMWU SPSI – FSP KEP KSPI.

Pimpinan delegasi Yoshiki Ito selaku Sekretaris Jenderal IndustriAll JAF menyampaikan beberapa hal terkait dengan kondisi ketenagakerjaan di Jepang, antara lain: Perbandingan kenaikan upah di Jepang dengan beberapa negara di dunia.

Beliau juga menyampaikan bahwa untuk menurunkan harga sebuah produk maka tidak ada pilihan lain perusahaan harus melakukan reduksi terhadap biaya termasuk kesejahteraan pekerja begitu juga banyak perusahaan mempekerjakan karyawan kontrak serta outsourcing untuk dapat menekan biaya.

Di Jepang saat ini dihadapkan pada kondisi semakin tingginya pekerja yang sudah memasuki usia tidak produktif begitupun dengan pekerja perempuan semakin menurun jumlahnya yang bekerja di beberapa perusahaan sehingga Jepang dapat dikatakan kekurangan tenaga kerja yang sehingga harus melakukan perekrutan tenaga kerja Asing dari berbagai negara.

Disaat ini jumlah pekerja tetap terus menurun sehingga jumlah keanggotaan juga terus menurun di Jepang. Di Jepang buruh tidak membentuk partai Buruh sehingga dalam hal politik, Serikat pekerja Jepang akan mendukung wakilnya yang berada di parlemen.

Sesi pertama acara pertama dimulai diskusi tentang situasi perburuhan di jepang dan indonesia yang disampaikan oleh yoshiki ito dan R. Abdullah selaku Ketua umum SP KEP SPSI (CEMWU SPSI)
Sesi kedua diskusi tentang perjuangan SP dalam K3 di indonesia yang disampaikam oleh hermansyah SP KEP SPSI (CEMWU) dan Sahat Butar butar dari FSP KEP.

Sesi terakhir diskusi tentang kondisi perjuangan SP di Indonesia terkait perjuangan politik tang disampaikan oleh Afif Johan Sekretaris umum SP KEP SPSI (CEMWU) bersama Akhmad Soleh dari FSP KEP
Acara dilanjutkan diskusi dari seluruh peserta, dan penyerahan kenang-kenangan dari R. Abdullah ketua umum FSP KEP SPSI (CEMWU SPSI) kepada Yoshiki Ito ketua delegasi dari Industriall JAF Jepang selanjutnya acara ditutup dengan Foto bersama.