Presiden KSPSI melakukan pertemuan dengan Presiden NTUC Singapura

by -137 Views

CEMWU, Singapura — Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea melakukan pertemuan dengan Presiden National Trades Union Congress (NTUC) Mary Liew di NTUC Building, Singapura, Rabu, 1 Maret 2023.

Andi Gani yang baru saja terpilih sebagai Presiden Asean Trade Union Council (ATUC) 2023-2026 ini didampingi Wakil Presiden KSPSI Bidang Hubungan Luar Negeri Idris Palar.

Sementara Presiden NTUC Mary Liew didampingi jajaran pimpinan NTUC lainnya Chung Ping dan Frederick.

Andi Gani mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut tercapai beberapa kesepakatan yaitu, pengurus KSPSI bisa melakukan studi banding di NTUC terutama untuk mempelajari sistem usaha serikat pekerja di Singapura.

“Serikat pekerja di Singapura memang sangat maju. KSPSI coba mengadaptasi yang diterapkan NTUC dalam beberapa tahun terakhir. NTUC sangat mandiri, tidak bergantung pada siapapun untuk menjalankan roda organisasi,” ungkapnya. 

Serikat Pekerja Terkaya di Asia Tenggara

Untuk diketahui, NTUC merupakan serikat pekerja terkaya di Asia Tenggara. Selain sebagai wadah aspirasi buruh, NTUC juga terjun dan menguasai bisnis transportasi, ritel, dan properti hotel di Singapura

Andi Gani berharap KSPSI bisa belajar banyak dan mendapat pengalaman berharga dari NTUC.

“Mereka cukup profesional. Mengumpulkan iuran dari para anggota buruh dan sekarang NTUC melakukan kegiatan usaha di bidang  transportasi taksi, ritel, bahkan hotel,” katanya. 

Dalam pertemuan itu, Andi Gani juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Presiden NTUC Mary Liew dalam pemilihan pimpinan konfederasi buruh ASEAN atau ATUC, sehingga dirinya terpilih menjadi Presiden ATUC. 

Andi Gani juga mengundang Presiden NTUC Mary Liew untuk melakukan kunjungan ke Indonesia melihat langsung koperasi-koperasi pekerja KSPSI yang ada beberapa pabrik.  Presiden NTUC Mary Liew Liew menyambut sangat baik pertemuannya dengan Andi Gani Nena Wea.

Ia juga menegaskan komitmennya untuk mendukung penuh kepemimpinan Andi Gani Nena Wea sebagai Presiden Konfederasi Buruh ASEAN.