Dialog Dengan MENAKERTRANS RI

by -89 Views

22 Maret 2016 MENTERI TENAGA KERJA REPUBLIK INDONESIA.
Dalam sambutannya menakertrans berharap para pimpinan SP SB tidak menafsirkan neko neko atas pertemuan ini, menaker hanya ingin membangun komunikasi ke para steackholder. menaker juga ingin mendapatkan aspirasi yang kongkrit dalam suasana yang santai dan rileks, hal ini juga di lakukannya sama dengan para HRD.
Pertemuan yang di selenggarakan di Widya Chandra merupakan rumah dinas yang tidak di tempati tapi di gunakan hanya untuk pertemuan informal dg segala elemen masyarakat. Angkatan kerja indonesia 71 juta jiwa.
Problematik utama banyaknya angkatan kerja yang harus terserap tapi di sisi lain kenaikan upah yang signifikan merupakan tantangan tersendiri. jalan keluarnya adalah ada pelatihan skill dan masuk dalam bursa kerja. Kedepannya bila hal ini tidak di sikapi dengan serius maka akan terjadi pengangguran secara terbuka yang berpotensi merusak tatanan demografi.
Lebih jauh menakertrans menyatakan ketimpangan sosial terjadi saat ini sudah terjadi sejak bayi dalam kandungan, begitu lahir kedunia semakin jauh kesenjangan tersebut.
Semua orang harus dpt akses dalam BLK jangan terpaku pada ijasah SMA tamat SMP pun juga harus bisa masuk dalam BLK bila tidak BLKNYA saja di bubarkan.peningkatan SDM merupakan hal mutlak.penerapan anggaran pendidikan 20 persen harusnya dpt teralisasi.
Percepatan kompetensi melalui skema pemagangan, dalam forum HRD kemenaker meminta kepada perusahaan agar menerapkan pemagangan minimal 100 orang. Per perushaan.
Saat kunjungan di salah satu wilayah indonesia timur yang merupakan salah satu destinasi wisata dgn membawa investor menaker melihat secara langsung ketidaktersedian tenaga kerja yang berpotensi.
Tenaga akutans indonesia sangat mahal, penggunaan akutans oleh perusahaan akhirnya menggunakan akutans asing yang harganya lebih murah. kesenjangan skill harus di perpendek.
Serifikasi profesi merupakan sebuah keharusan. untuk mendorong berkurangnya keterbelakangan dan peningkatan kompetensi dan tarif tenaga kerja.
R Abdullah selaku Ketua Umum PP SPKEP SPSI menyampaikan bahwa MEA telah berjalan hampir tiga bulan, bila hal ini di biarkan maka akan terjadi aboriginisasi, dalam negeri sendiri, hal ini dapat di ciptakan melalui kerja sama secara integral dalam semua ini.
Gerakan SP SB masa orba hanya ada satu sekarang banyak, karena SP SB banyak, maka perlu di desain untuk kuat dalam menghadapi globalisasi pasar.
Demokrasi yang liberal tidak akan menyelesaikan masalah tapi akan menuju pada kehancuran.mengahadapi hal ini SP SB harus melakukan merger dalam memperkuat perjuangan secara kongkrit. Dalam pertemuan tersebut di hadiri SP/SB dan salah satunya SPKEP SPSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *