Ketua Umum SP KEP SPSI Menjadi Narasumber Kuliah Tamu Universitas Muhammadiyah Malang

by -78 Views

CEMWU, Malang — Ketua Umum SP KEP SPSI R. Abdullah menjadi Narasumber dalam kuliah tamu di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan tema “Kajian Praktis dan Empiris tentang Hubungan Industrial di Era Revolusi Industri 4.0”, Kamis, 5 Oktober 2023, bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang Prodi Sosiologi Industri.

Peserta dalam seminar diikuti sekitar 150 mahasiswa, dihadiri Dekan, Kaprodi, Staf, Akademika dan tamu undangan.

Dalam diskusi tersebut, R. Abdullah membahas tentang industri 4.0 dan dampaknya terhadap dunia kerja. Ia menjelaskan bahwa industri 4.0 membawa perubahan signifikan dalam sistem produksi dan manajemen perusahaan.

Hal ini mengakibatkan perusahaan harus menyesuaikan diri dengan teknologi baru yang muncul agar dapat bersaing di pasar global.

R. Abdullah juga menekankan pentingnya hubungan industrial yang baik antara perusahaan dan pekerja dalam menghadapi era industri 4.0. Menurutnya, perusahaan harus memberikan perlindungan dan hak yang sama kepada para pekerja, serta memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan agar pekerja dapat bersaing di era industri 4.0.

Diskusi tersebut dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan, yang antusias mengikuti paparan R. Abdullah.

Mereka juga berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan R. Abdullah mengenai topik yang dibahas.

Diskusi ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mengenai tantangan dan peluang di dunia kerja di era industri 4.0.