Rapat Konsolidasi Pimpinan Cabang dan Pimpinan Unit Kerja se Kab Mimika Bersama Pimpinan Pusat SP KEP SPSI

by -101 Views

Ketua Umum PP SP KEP SPSI: Ukuran keberhasilan Serikat Pekerja dilihat dari sejauh mana kualitas isi PKB

CEMWU — Minggu, 20 Agustus 2023, bertempat di kantor PC SP KEP SPSI Kab. Mimika diadakan Rapat Konsolidasi Bersama antara Pimpinan Cabang, Pimpinan PUK Se Kab Timika Bersama dengan Pimpinan Pusat SP KEP SPSI.

Hadir dalam kegiatan ini dari pimpinan Pusat langsung Ketua Umum SP KEP SPSI Pak R Abdullah yang didampingi oleh Ketua Bidang Pembelaan dan Advokasi PP SP KEP SPSI Mustiyah, Direktur Diklat Chandra Mahlan dan LBH Nasional PP Ar Lazuardi.

Baik Ketua PC SP KEP SPSI Kab Mimika Agus Patiung serta sekretaris Abraham Deda menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kedatangan tim PP ke papua.

Seraya mendorong partisipasi peserta, ketua PC menyampaikan mari kita manfaatkan semaksimal mungkin kedatangan tim pp saat ini.

Lebih dari itu ketua PC menyampakan bahwa tanggung jawab mulai dari pimpinan unit kerja, cabang hingga pusat untuk bisa terus melakukan konsolidasi sehingga dapat mendedikasikan diri sebagai aktivis untuk memperjuangkan kepentingan kita Bersama.

Pak Abdullah Ketua Umum PP SP KEP SPSI dalam paparannya menyampaikan mudah-mudahan konsolidasi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan karena betapa pentingya kegiatan semacam ini.

Selanjutnya disampaikan terdapat beberapa catatan penting apa saja mengenai tugas dan tanggung jawab kita sebagai pengurus sp kep spsi. Hal yang perlu digaribawahi adalah kita semua adalah sebagai orang yang telah digarisikan Tuhan diberikan kedaulatan menjalankan tugas dan tanggung jawab untuk melindungi, membela, dan meningkatkan kesejahteraan anggota beserta keluarganya.

Oleh karenanya ada tanggungjawab moral dan organisatoris untuk melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan dan tanggungjawab.

Oleh sebab itu wajib hukumnya bagi kita untuk meluangkan waktu, pikiran, dan tenaganya., Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini. Tegasnya.

Selanjutnyaa disampaikan ketua umum untuk membangun kesesimbangan antara hak dan kewajiban menjadi tugas serikat pekerja di Perusahaan.

Kongkretnya melalui negosiasi misalnya perundingan pkb yang dalam hal ini saat ini kita datang untuk mendiskusikan dan mengkonsolidasikannya.

Ukuran keberhasilan Serikat Pekerja adalah sampai sejauh mana kemampuan kita dalam rangka meningkatkan kualitas isi PKB melalui proses perundingan. Atas dasar itu betapa strategisnya kualitas PKB.

Untuk menyejahtarakan pekerja wahana dan sarananya adalah PKB. Baca isi PKB bagaimana perlindungannya, syarat-syarat kerjanya, jaminan sosialnya dll.

PKB harus dirundingkan atas dasar itikad baik dalam rangka merumuskan antara hak dan kewajiban. Lanjutnya

Terakhir beliau sampaikan bahwa menciptakan kehidupan yang layak adalah perintah konstitusi.

Selain itu untuk merundingkan PKB anggota harus 50 persen plus 1. Kalau tidak sampai kita menjadi penitip Nasib.

Oleh karena itu yuk kita bangun agar anggota sp kep spsi di Perusahaan menjadi mayoritas. PKB freeport sudah 24 kali, artinya sudah 48 tahun SP KEP SPSI telah berjasa Panjang dalam peningkatan kesejahtaraan Pekerja di PT. Freeport Indonesia.

Dalam diskusi dengan puk se Timika, ditegaskan bahwa penambahan komitmen berserikat menjadi kesepahaman Bersama untuk meningkatkan jumlah anggota SP KEP SPSI di Kabupaten Mimika.