Kenapa di Perusahaan Harus Ada Serikat Pekerja? Ayo Berserikat!

by -312 Views

CEMWU, Jakarta — Melansir laman resmi Kemnaker, serikat pekerja merupakan organisasi yang dibentuk untuk memperjuangkan, membela, dan melindungi hak, serta meningkatkan kesejahteraan pekerja. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa keberadaan serikat pekerja di perusahaan itu penting karena berguna untuk memperjuangkan kesejahteraan pekerja. Tanpa serikat pekerja, perusahaan dapat bertindak semena-mena dan merugikan pekerja.

Simak penjelasan di bawah ini untuk lebih memahami pentingnya keberadaan serikat pekerja di perusahaan!

Alasan Kenapa di Perusahaan Harus Ada Serikat Pekerja

Melansir laman War on Want London, alasan kenapa di perusahaan harus ada serikat pekerja adalah sebagai berikut.

1. Memperjuangkan hak bersama-sama

Persatuan merupakan kekuatan bagi pekerja. Serikat pekerja memungkinkan pekerja bersatu untuk menciptakan suara kolektif yang lebih kuat. 

Kekuatan serikat pekerja berguna untuk melakukan komunikasi dan negosiasi dengan manajemen perusahaan terkait hak pekerja, ketentuan, syarat, atau kontrak kerja. Hal ini berguna untuk memperjuangkan pekerjaan yang aman, adil, dan layak bagi seluruh pekerja.

2. Mendapatkan upah yang layak

Kekuatan tawar-menawar kolektif dari serikat pekerja di perusahaan membuat pekerja mendapatkan upah yang lebih layak. Selain itu, serikat pekerja di perusahaan juga dapat mencegah adanya pemotongan gaji dengan semena-mena.

3. Melindungi pekerja dari diskriminasi

Serikat pekerja dapat melindungi pekerja dari ketidakadilan atau praktik diskriminasi di dunia kerja. Di mana seluruh pekerja akan mendapatkan hak yang sama, tidak peduli mereka berasal dari golongan yang berbeda. 

Serikat pekerja menjamin seluruh pekerja mendapat upah minimum, waktu kerja yang pasti, jatah cuti, libur di tanggal merah, dan hak-hak pekerja lainnya yang sama.

Selain itu, serikat pekerja juga akan menjamin keamanan seluruh gender dari segala jenis kekerasan, baik kekerasan fisik, psikis, hingga seksual. Caranya dengan melaporkan dan menindak tegas seluruh kekerasan yang terjadi di dunia kerja.

4. Menjamin kesehatan dan keselamatan pekerja

Serikat pekerja akan membantu pekerja yang mengalami kecelakaan atau masalah kesehatan memperjuangkan hak asuransi ketenagakerjaan kepada manajemen perusahaan.

5. Mendapat dukungan hukum

Serikat pekerja memberikan layanan penasihat hukum apabila terjadi masalah di tempat kerja. Serikat kerja akan memastikan pekerja mendapat perlakuan adil di ranah hukum. Seluruh layanan hukum yang diberikan serikat pekerja biasanya tidak dikenakan biaya.

6. Kebijakan cuti lebih jelas

Serikat pekerja bertanggung jawab memastikan cuti hamil, sakit, dan keperluan lainnya dapat diambil oleh pekerja.

7. Memastikan pekerja tidak dirugikan

Serikat pekerja selalu memastikan ketentuan dan peraturan dari perusahaan adalah untuk kepentingan bersama, yakni untuk pemberi kerja dan pekerja. Artinya, kepentingan tidak hanya menguntungkan satu pihak saja.

Manfaat Serikat Pekerja bagi Perusahaan

Serikat pekerja tidak hanya memberikan manfaat bagi pekerja, tapi juga bagi pihak perusahaan. Berikut manfaat serikat pekerja bagi perusahaan yang dirangkum dari laman Chron.

Pertama, mengurangi pengunduran diri karyawan. Pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja cenderung lebih betah di tempat kerja karena mendapatkan banyak keuntungan. Tingkat pengunduran diri yang rendah membuat perusahaan tidak perlu mengeluarkan tenaga atau biaya tambahan untuk mencari dan melatih karyawan baru.

Kedua, meningkatkan produktivitas pekerja. Pemenuhan hak bagi pekerja membuat mereka merasa lebih aman dan bahagia. Rasa bahagia pekerja dapat meningkatkan produktivitas mereka dalam mengerjakan pekerjaan.

Ketiga, meningkatkan komunikasi formal. Komunikasi formal yang terjalin antara manajemen dengan pekerja dapat mencegah kesalahpahaman. Selain itu, komunikasi ini dapat membuat masalah pekerjaan lebih cepat diselesaikan.

Ayo berserikat!