Pertemuan Serikat Pekerja Asia Pasifik Sektor Karet dan Ban di Malaysia

by -87 Views

KEPTV News, Kuala Lumpur — Pertemuan Serikat Pekerja Asia Pasifik Sektor Karet dan Ban, pada tanggal 12-13 November 2022 di Easten Hotel, Malaysia.

Pada pertemuaan tersebut di hadiri oleh Shinya Iwai Sekretaris Regional IndustriALL – Asia Tenggara, Tom Gritter, Direktur, Kimia dan Farmasi, Pup dan kertas, Karet Industri, IndustriALL, dan perwakilan organisasi serikat pekerja dari beberapa negara yaitu Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia dan Indonesia.

Perwakilan dari Indonesia yaitu perwakilan dari FSPMI, FSPKEP dan SP KEP SPSI (CEMWU) diwakili oleh Zen Mutowali (PUK SP KEP SPSI PT Bridgestone Tire Indonesia/Ketua PC FSP KEP SPSI Kab-Kota Bekasi) dan Guntoro (PUK SP KEP SPSI PT Multistrada Arah Sarana).

Perwakilan serikat pekerja dari masing-masing Negara menyampaikan laporan terkait kondisi ketenagakerjaan yang ada di negaranya khususnya pada sektor Ban Karet.

Selanjutnya dilaksanakan diskusi isu-isu terkait kesehatan dan keselamatan kerja, termasuk tentang kesiapan pekerja dalam menghadapi era digitalisasi dan pasca covid19 yang cukup membuat kondisi di dunia ketenagakerjaan terpuruk.

Dalam diskusi perwakilan masing-masing Negara sepakat untuk saling tukar informasi kondisi masing-masing termasuk tukar menukar Perjanjian Kerja Bersama agar bisa dijadikan sebagai referensi ketika dilaksanakan pembaruan perundingan dimasing-masing perusahaan khususnya yang disektor ban karet.