BBM Naik Rakyat Tercekik : SPKEP SPSI Menolak Keras Kenaikan BBM

by -70 Views

KEPTV News, Jakarta — Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SP KEP SPSI) menolak keras rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

R. Abdullah Ketua Umum SP KEP SPSI mengungkapkan tak cuma BBM, SP KEP SPSI juga menolak rencana kenaikan energi lain seperti gas.

Ada beberapa alasan penolakan, menurut Abdullah jika harga BBM dinaikkan maka akan membuat inflasi melonjak tajam. Kondisi ini bisa berpotensi terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) massal pada perusahaan-perusahaan.

“Daya beli masyarakat terpukul, apalagi buat pekerja pabrik yang upahnya tidak naik selama 3 tahun berturut-turut,” tutur Abdullah dalam wawancara via telpon, Senin (29/8/2022).

“Daya beli turun akan terjadi PHK di mana-mana. Karena perusahaan juga terbebani dengan inflasi, harga energi di industri. Sudah upah tidak naik, akan ada PHK,” jelasnya.

Selanjutnya menurut dia, rencana kenaikan harga BBM jenis Pertalite ke kisaran Rp 10 ribuan ini akan membuat masyarakat makin sengsara.

“Rakyat kecil akan terpukul dengan kenaikan ini,” imbuhnya.