Rapat Konsolidasi Perdana Jajaran Pengurus PP FSP KEP SPSI 2022-2027

by -107 Views

KEPTV News, spkep-spsi.org – Jakarta, Tanpa banyak membuang waktu, Jajaran Pengurus PP FSP KEP SPSI periode 2022-2027 yang telah dikukuhkan dan dilantik pada Munas VIII tanggal 01 Juni 2022 di Yogyakarta telah menyelenggarakan Rapat Perdananya, yang diikuti oleh Segenap Pengurus, para Ketua Lembaga dan Para Staf Kesekretariatan pada hari Kamis (09/06/2022) yang lalu, di Kantor Sekretariat PP FSP KEP SPSI Jakarta.

Dalam pembukaannya, Bung R. Abdullah, selaku Ketua Umum PP FSP KEP SPSI Terpilih, memberikan ucapan selamat kepada seluruh Jajaran Pengurus, khususnya kepada Pengurus baru, yaitu Bung Agung Susanto dan Bung Agus Koswara, selaku Ketua Bidang Propaganda Positif dan Ketua Bidang Penguatan Keuangan, Sosial dan Ekonomi, dan sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bung Edi Suherdi dan Bung Galih Wawan, atas segala pengabdiannya, pengorbanannya dan kontribusi positifnya kepada organisasi, selama beliau mengemban tugas dan amanah sebagai Pengurus PP FSP KEP SPSI periode 2017-2022.

Berkaitan dengan evaluasi penyelenggaraan event Munas VIII kemaren, Forum Rapat Pengurus juga memberikan apresiasi kepada Jajaran Panitia Munas VIII dan seluruh Peserta Munas yang hadir dari Sabang sampai Merauke, “Jumlah Peserta Munas VIII ini sungguh di luar dugaan”, kata Bung Sulis, “Perkiraan awal jumlah peserta Munas yang hadir adalah 250 Peserta.

Namun faktanya, jumlah peserta yang hadir adalah sebanyak 350 Peserta atau 40% lebih tinggi dari Perkiraan Panitia”, imbuh Bung Sulis sebagai salah satu Panitia.

Semoga antusiasme ini menjadi sebuah indikasi awal yang baik bagi kebangkitan gerakan pekerja di Indonesia, khususnya bagi gerakan pekerja yang dimotori oleh SP KEP SPSI.

Lebih lanjut Bung Saepul, selaku Ketua Panitia Munas VIII, juga menginformasikan bahwa semua berkas dokumen Munas VIII telah siap untuk naik ke percetakan, setelah melalui proses final check oleh Jajaran Pengurus tentunya.

Topik yang tidak kalah menariknya adalah berkaitan dengan implementasi program kerja organisasi, yaitu “How to translate: From Vision to Result” yang secara bebas dapat diartikan “Bagaimana menterjemahkan dari visi organisasi untuk menjadi sesuatu hasil yang berbentuk nyata” dan tidak hanya sebatas mimpi, slogan dan/atau retorika semata.

Untuk hal tersebut, Bung R. Abdullah kembali mengingatkan kepada Jajaran Pengurus untuk secara sungguh-sungguh berkomitmen menjalankan program kerja dari 6 agenda Penguatan Orgnanisasi sebagaimana diamanahkan oleh Munas VIII FSP KEP SPSI Tahun 2022 yang lalu.

“Apabila ada Jajaran Pengurus yang tidak dengan sungguh-sungguh berkomitmen untuk menjalankan program kerja organisasi, maka akan dilakukan reshuffle kepada yang bersangkutan”, demikian ucap tegas dari Bung R. Abdullah, seraya menambahkan, “Tolong masing-masing bidang membuat tabel yang lebih rinci, jelas teknik dan taktiknya serta DO-able (dapat dikerjakan), untuk dipresentasikan dan disepekati pada Rapat Pengurus selanjutnya”.

Terhadap arahan tersebut, semua Jajaran Pengurus menyatakan siap untuk melaksanakannya. Pada sessi selanjutnya, Ketua Bidang Propaganda Positif, Bung Agung Susanto, mempresentasikan Gap Analysis pada program kerja bidang propaganda positif hasil Munas VIII terhadap implementasi dari program tersebut untuk mendapatkan gambaran langkah taktik dan teknik How to translate from vision to result tersebut di atas.

Outcome dari Gap Analysis tersebut diperoleh gambaran bahwa secara strategis FSP KEP SPSI memerlukan peningkatan kualitas maupun kuantitas berita liputan di lingkup organisasi FSP KEP SPSI, baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk video, yang oleh karenanya maka diperlukan peningkatan jumlah Jurnalis yang direkruit dari semua perangkat organisasi di tingkat PUK, PC, PD maupun PP untuk dibina dan diberikan Lisensi Jurnalis media resmi SP KEP SPSI.

“Bidang Propaganda Positif adalah seperti Divisi Humas Polri pada Institusi Kepolisian Republik Indonesia”, demikian kata Bung R. Abdullah, “Tolong Bidang Propaganda Positif segera membuat Blue Print design Bidang ini secara rinci dan jelas, sambil memaksimalkan resources yang sudah ada khususnya di tingkat Pimpinan Pusat”.

Pada sessi akhir, Bung Agus Koswara selaku Ketua Bidang Penguatan Keuangan Sosial dan Ekonomi mempresentasikan tayangan video yang sangat apik tentang implementasi program “Dompet Digital” sebagaimana telah di-launching secara Nasional pada Munas VIII yang lalu. Capaian ini sungguh merupakan hal luar biasa yang bermafaat bagi organisasi dan semua anggota, khususnya berkaitan dengan kemudahanan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara digital. Merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita semuan, segenap Keluarga Besar FSP KEP SPSI, atas capaian ini mengingat belum ada satupun Serikat Pekerja/Serikat Buruh di Indonesia yang berhasil mengimplementasikannya.

Secara khusus Bung R. Abdullah memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang membantu keberhasilan implementasi program ini, khususnya kepada Tim Gugus Tugas Sosial Ekonomi PP FSP KEP SPSI.

Lebih lanjut, Bung R. Abdullah memberikan pengarahan-pengarahan teknis agar program ini segera bisa digunakan secara Nasional dan kelak akan menjadi rintisan bagi terwujudnya mimpi untuk memiliki Bank Serikat Pekerja. (AG, KEPTV News 2022)