May Day : PC FSP KEP SPSI Halteng, Santuni Janda dan Anak Yatim

by -90 Views

HALTENG,OT- Peringati Hari Buruh Internasional (May Day), Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PC FSP KEP SPSI) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng, Maluku Utara (Malut), memberikan santunan para janda dan anak yatim.

Ketua Pimpinan Cabang FSP KEP SPSI Halteng, Aswar Salim mengatakan, biasanya disetiap memperingati May Day, SPSI akan melakukan aksi turun kejalan sesuai instruksi dari Pimpinan Pusat.

Namun May Day Tahun ini peringatinya berbeda dengan yang lalu, karena May Day tahun ini bertepatan dengan H-1 Lebaran Idulfitri.

“Jadi sesuai instruksi dari pusat bahwa besok ini tidak ada gerakan demonstrasi, karena bertepatan dengan H-1 Lebaran, maka akan mengganggu aktivitas masyarakat umum, apalagi bertepatan dengan malam takbiran, sehingga aksi may day ini ditunda dan akan dilaksanakan di tanggal 12 Mei secara serentak di seluruh indonesia,” ujar Aswar saat konfrensi Pers, Sabtu (30/4/2022) malam tadi.

Kata Aswar, pihaknya sudah melakukan rapat dengan organisasi Pemuda di Kota Weda dan Mahasiswa terkait dengan rencana untuk menyambut May Day atau Hari Buruh Internasional.

“Kita dari SPSI  Pimpinan Cabang Halteng yang membawahi PUK SP KEP SPSI Weda Bay Nikel, PUK SP KEP SPSI PT. IWIP, dan PUK SPSI PT. HSM. Dalam memperingati May Day akan melakukan kegiatan sosial berupa pembagian sembako kepada janda dan anak yatim yang ada di Kota Weda, Lelilef Sawai, dan Lelilef Woebulen. Selain pembagian sembako kita juga akan melakukan buka puasa bersama,” jelas Aswar juga sebagai Anggota DPRD Halteng ini.

Selain itu, SPSI juga akan terus melakukan advokasi terkait dengan isu-isu yang berkembang yang berkaitan dengan Pekerja, karena selain Pekerja di PT IWIP, ada juga pekerja di perusahaan tambang yang ada di Pulau Gebe, ini juga harus dibicarakan karena sesuai informasi, ada hak karyawan yang tidak diberikan oleh pihak Perusahaan.

Sementara Ketua PUK SP KEP SPSI WBN Kasim Abdullah mengatakan, pada prinsipnya setelah mempertimbangkan lewat barbagai hal, besok seluruh karyawan tidak ada yang lakukan unjuk rasa di PT. IWIP.

“Kami mengimbau kepada seluruh anggota  yang bernaung dibawah SPKEP SPSI yang sedang bekerja, agar tetap bekerja seperti biasa tidak ada demonstrasi, karena sesuai keputusan Pimpinan Cabang FSP KEP SPSI Halteng bahwa besok akan dilakukan pembagian sembako, sehingga kami juga akan terlibat langsung,”ucap Kasim.

Pembagian sembako ini, kata dia, berjumlah 100 bingkisan yang akan diserahkan kepada warga yang berhak untuk menerimanya yaitu janda dan anak yatim, dengan bantuan berupa Beras 10 Kg, Gula 2 Kg, Minyak Kelapa 1 Liter dan teh 2 kotak.