Kongres Ketiga IndustriALL

by -80 Views

Kongres Ketiga IndustriALL telah dibuka!

Awalnya direncanakan berlangsung di Cape Town, Afrika Selatan, pandemi berarti kami harus membuat acara virtual dari studio televisi di Jenewa sebagai gantinya.

Sementara kami merindukan kehadiran satu sama lain, pertemuan virtual berarti lebih banyak orang dapat berpartisipasi – kami memiliki 3.000 orang di sini hari ini.

Ini adalah pertemuan penting bagi gerakan serikat pekerja global, karena akan mempengaruhi prioritas serikat pekerja di sektor pertambangan, manufaktur dan energi di seluruh dunia selama empat tahun ke depan.

Afiliasi berkumpul di Kongres ini untuk menyetujui rencana aksi dan tujuan strategis untuk periode mendatang.

Ini adalah periode penting bagi serikat pekerja di dunia dan pekerja mereka. Kita menghadapi sejumlah krisis: meningkatnya ketidaksetaraan, perubahan bentuk pekerjaan, perubahan iklim, dan sekarang pandemi. Pekerja membutuhkan organisasi yang kuat untuk membangun jalan melalui krisis ini, dan untuk memastikan bahwa pekerja tidak membayar harganya.

Presiden IndustriALL Jörg Hofmann membuka konferensi dengan menyambut para delegasi. Dia menyatakan kesedihan bahwa pertemuan itu tidak dapat berlangsung di Afrika Selatan, seperti yang direncanakan.

Serikat pekerja saat ini dapat mengambil inspirasi dari serikat pekerja Afrika Selatan yang bersatu untuk melawan apartheid.

Hofmann juga berbicara tentang perlunya keadilan vaksin: pandemi telah menyebabkan jutaan orang kehilangan pendapatan, terlalu banyak yang meninggal, hak-hak pekerja manusia memburuk, dan telah terjadi peningkatan diskriminasi dan segregasi. Negara-negara miskin memiliki akses yang sangat rendah ke vaksin. Ini sangat tidak adil: kita membutuhkan distribusi vaksin yang adil dan global.

Para pemimpin politik dan serikat pekerja, termasuk Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri Swedia Stefan Löfvén dan sekretaris jenderal ITUC Sharan Burrow berbicara di depan Kongres.

Delegasi memperdebatkan amandemen undang-undang, dengan banyak perempuan berbicara tentang pentingnya memiliki kuota 40% untuk partisipasi perempuan di IndustriALL. Pemungutan suara akan dibuka untuk masalah ini sekarang.

Amandemen kepemimpinan terhadap anggaran dasar sedang dibahas; apakah akan menambah atau mengurangi jumlah asisten sekretaris jenderal dan wakil presiden daerah. Untuk pemungutan suara, diperlukan 2/3 mayoritas untuk dapat mengubah anggaran dasar IndustriALL.

Valter Sanches, sekretaris umum IndustriALL, memperkenalkan laporan sekretariat tentang kegiatan IndustriALL 2016-2021. “Waktu selalu sulit bagi serikat pekerja, tetapi pandemi telah membawa dimensi baru dalam perjuangan.

IndustriALL dipandu oleh lima tujuan strategis – kami berjuang untuk membela hak-hak pekerja.

Kami harus memastikan bahwa perjuangan kami menghormati ingatan mereka yang telah meninggal karena membela hak-hak pekerja.”

#IndustriALL2021

#UnitedForAJustFuture