Penguatan Solidaritas dan Soliditas di masa Pandemi

by -108 Views

Cikampek, 02 Agustus 2021 Dalam masa sulit yang dihadapi oleh seluruh elemen masyarakat saat ini, dimana kehidupan perekonomian sangatlah menurun dirasakan juga oleh kaum buruh, namun kondisi tersebut tidak serta merta menurunkan solidaritas para kaum buruh, mereka bahu membahu saling membantu, saling menguatkan untuk tetap berupaya bertahan hidup di masa pandemi ini.

Adalah PUK SP KEP SPSI PT SUMI RUBBER INDONESIA serikat pekerja yang sampai saat ini terus berusaha dan berupaya, bahu membahu bersama sama dengan seluruh anggotanya melakukan peningkatan penguatan Solidaritas organisasi ditengah pandemi ini, dengan cara tetap konsisten mempermudah segala keperluan anggota yang membutuhkan bantuan.

Upaya penguatan Solidaritas lewat aksi sosial ini tentunya harus disertai dengan penguatan keuangan agar bisa berjalan dengan lancar. Maka PUK SP KEP SPSI bersinergi dengan Koperasi Karyawan dan juga dengan seluruh Anggota PUK SP KEP SPSI PT Sumi Rubber Indonesia melakukan pengumpulan dana sosial dalam rangka melaksanakan penguatan keuangan tersebut.

Ketua PUK SP KEP SPSI PT SUMI RUBBER INDONESIA Bung Denny RH. S.E berpesan bahwa “Kita sebagai anggota dari serikat pekerja tentunya harus konsisten terhadap perjuangan anggota.
Langkah langkah soliditas yang baik ini merupakan situasi yang akan memperkuat dinamika perjuangan kita semua dalam menciptakan kesejahteraan bersama”

Program bantuan yang dilakukan adalah berupa kemudahan penyaluran bantuan duka bagi karyawan dan keluarga karyawan yang meninggal, program ini sebenarnya sudah berjalan sejak 2018, namun karena disaat pandemi ini, kasus keluarga karyawan yang meninggalnya sangat tinggi, maka perlu dilakukan strategi agar program ini bisa berjalan dengan konsisten tanpa terganggu oleh kondisi dan situasi pandemi. Sebelum Pandemi kasus keluarga meninggal rata-rata hanya 20-25 kasus/bulan, namun pada dua bulan terkahir ini kasus meninggal mencapai 50-100 kasus. bulan Juni 2021 terjadi 52 kasus keluarga karyawan meninggal sehingga Terkumpul dana dari Anggota Untuk Bantuan Duka Sebesar Rp.308.160.000,00 (Tiga Ratus Delapan Juta Seratus Enam Puluh Ribu Rupiah) Dan Sudah Di Salurkan Ke Kawan Kawan Anggota & Keluarga Yang Berduka.

Sementara di bulan Juli 2021 terjadi 92 kasus keluarga karyawan yang meninggal sehingga Terkumpul dari Anggota Untuk Bantuan Duka Sebesar Rp. 529.650.000,00 (Lima Ratus Dua Puluh Sembilan Juta Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) Dan Sudah Di Salurkan Ke Kawan Kawan Anggota & Keluarga Yang Berduka.

Bung Iwan Nugroho Kabid Kesra PUK SP KEP SPSI PT SUMI RUBBER INDONESIA menyerahkan dana bantuan duka kepada ahli waris anggota PUK yang meninggal

Dana bantuan duka ini sudah berjalan bertahun tahun dan dipotong langsung dari upah karyawan melalui payrol perusahaan, Hanya saja sistem penyaluran dari PUK kepada karyawan berduka yang berbeda. Jika pada periode sebelum 2018 penyaluran bantuan duka dibagi dengan 2 tahap, dimana tahap ke-1 menggunakan dana talang PUK dan tahap ke-2 setelah pencairan dana dari payroll. Sementara mulai 2018 sampai sekarang penyaluran bantuan duka itu dilakukan langsung dibayar semuanya dengan menggunakan dana talang seluruh dari cos PUK.

Program yang kedua adalah bantuan covid bagi karyawan yang diisolasi mandiri karena terpapar Covid-19, sumber dana bantuan covid ini berasal dari COS PUK, Kotak Amal yang disebarkan dibeberapa titik perusahaan, Koperasi Karyawan dan dari anggota serikat sebesar Rp. 10.000/anggota dengan sistem pemotongan langsung melalui payrol. Bantuan ini dibagi dengan 3 tahap dan dimulai sejak Juni 2020 sampai dengan Juli 2021. Total dana yang terkumpul dan sudah tersalurkan adalah sebesar Rp. 66.000.000,00 (Enam puluh enam juta rupiah) dengan total anggota yang mendapatkan dana bantuan covid sebesar 440 orang, masing-masing mendapatkan bantuan Rp. 150.000,00/orang dengan sistem pertransferan langsung ke rekening masing-masing anggota.

Bung Iwan Nugroho Kabid Kesra PUK SP KEP SPSI PT SUMI RUBBER INDONESIA menyerahkan dana bantuan duka kepada ahli waris anggota PUK yang meninggal

“Ini merupakan aksi penguatan solidaritas dan soliditas dalam rangka membentuk rasa kepedulian antar anggota serikat pekerja terhadap kawan-kawan yang terdampak covid 19 , Maupun keluarga anggota yang meninggal disaat pandemi” Demikian yang di sampaikan oleh bung Denny RH. S.E ketua PUK SP KEP SPSI PT SUMI RUBBER INDONESIA

Lebih lanjut ketua PUK bung Denny RH. S.H berharap bahwa program USR (Union social responsibility) diharapkan bisa menjadi program kerja di setiap PUK SP KEP SPSI. Karena faedah nya begitu dirasakan oleh anggota. (Surindo*)