Asistensi Pendidikan dan Pelatihan PC dan PUK SP KEP SPSI Kabupaten Mojokerto

by -134 Views

Mojokerto, SPKEP-SPSI.ORG – Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP KEP SPSI) bersama dengan Pimpinan Daerah FSP KEP SPSI Provinsi Jawa Timur melanjutkan safari asistensi diklat dihari keempat ke Pimpinan Cabang dan PUK-PUK SP KEP SPSI Kabupaten Mojokerto bertempat di Rumah Makan Rejoyo (5/12/2019).

Foto Kiri-Kanan ; Sutarwadi (Ketua PC Kab. Mojokerto), Sukarji (Ketua PD Jatim), Ferri Nuzarli (PP FSP KEP SPSI) dan Agus Subiyanto (Bendhara PD Jatim)

Agenda Pendidikan dan pelatihannya mengenai keorganisasian, teknik negosiasi dan PKB serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi. Acara dibuka oleh Ketua PC FSP KEP SPSI Kabupaten Mojokerto Bung Sutarwadi, dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Ketua PD FSP KEP SPSI Jawa Timur Bung Soekarji, S.H.,M.H yang dalam sambutannya kembali menekankan “ pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) organisasi karena merupakan kunci utama dari segala hal untuk menuju perbaikan organisasi dimasa datang”, terkait peningkatan SDM juga perbaikan mental dan moralitas dari pengurus organisasi sebagai ujung tombak dalam perbaikan organisasi tersebut”, ujar Sukarji.

Peserta Asistensi Pendidikan dan Pelatihan

PP FSP KEP SPSI dalam hal ini diwakili oleh Ketua Bidang Organisasi Bung Ferri Nuzarli, S.E, “menekankan pentingnya perbaikan dan perubahan dalam pengelolaan organisasi agar FSP KEP SPSI tetap eksis di Jawa Timur khususnya di Mojokerto, tantangan kedepan yang kita hadapi bukanlah semakin mudah kecenderungan menurunnya anggota SP secara umum harus disikapi oleh kita semua dengan melakukan kampanye-kampanye agar para pekerja yang belum berserikat mau menjadi anggota SP terutama para pekerja muda dan pekerja-pekerja PKWT yang mana mereka sangat butuh perlindungan”, imbuhnya.

Ferri Nuzarli juga menambahkan, “perubahan pola hubungan industrial yang lebih menganut Flexibelity Labour Market sangatlah merugikan kita semua karena perusahaan-perusahaan akan cenderung menggunakan tenaga kerja dengan sistem kontrak, harian lepas dan magang ini problem kita dimasa sekarang dan akan datang”.

Baca Juga : Diklat Asistensi PC dan PUK SP KEP SPSI Kabupaten Sidoarjo

Asistensi diklat diikuti oleh sekitar 50 pengurus PUK dan PC FSP KEP SPSI Kabupaten Sidoarjo yang dalam diskusi banyak sekali pertanyaan terkait rencana revisi UU 13/2003, penolakan PP 78/2015 serta terkait dengan penetapan UMSK di Kabupaten Mojokerto, tentang keorganisasian menjadi kendala utama adalah memberikan pemahaman kepada anggota baik yang sudah menjadi anggota atau yang belum menjadi anggota tentang pentingnya berorganisasi.

Disela-sela asistensi diklat di Kabupaten Mojokerto tim diklat diwakili oleh Sulistiyono, SH selaku sekretaris Bidang Organisasi dan SDM yang melakukan kerja kerja ke PUK SP KEP SPSI PT. Bumi Pandaan Plastik di Kab. Pasuruan bersama-sama PD FSP KEP SPSI Jawa Timur yang diwakili oleh bung H. Agus Subiyanto, SH, MH dalam kunjungan tersebut dilakukan diskusi yang juga dihadir oleh pengelola perusahaan dalam pembicaraan singkatnya pak Manajer Heri HRD mengatakan “perusahaan mikro saat ini dalam kondisi yang Sangat berat untuk tetap eksis maka diperlukan peran SP dan kerja cerdas agar perusahaan tetap mampu bersaing ”.

Sulistiyono, S.H dalam diskusi mengatakan “itulah tantangan dunia saat ini semakin sulit diperlukan peran serta SP untuk bahu-membahu dengan perusahaan, pelaksanaan 6 agenda peningkatan organisasi SDM peningkatan SDM melalui diklat kunci rantai dan anggota SP bagus maka perusahaan juga akan lebih mudah untuk berkomunikasi, hal ini juga positif oleh manajemen bahkan manajemen menunggu langkah konkret dan siap kerja sama diklik yang dilakukan oleh PUK ”. (SUL / PJR)

Baca Juga : Safari Organisasi di Wilayah Jawa Timur Lakukan Asistensi DIKLAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *