CEMWU Usulkan 3 Point Penting Dalam IndustriALL Global Union Asia Pacific Pulp and Paper Sector Trade Union Network Meeting

by -102 Views

SPKEP-SPSI.ORG-Jakarta, Pimpinan Pusat FSP KEP SPSI (CEWMU) mengikuti acara IndustriALL Global Union Asia Pasific Pulp and Paper Sector Trade Union Network Meeting yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 19-20 Agustus 2019 bertempat di Millenium Hotel Jakarta.

Acara ini dihadiri dari IndustriALL Genewa, IndustriALL Regional Asia Pacific dan Federasi Serikat Pekerja dari Indonesia (FSP2KI, CEMWU, FSP KEP, KIKES, dan FSPMI), CFMEU Australia, JAF Japan, PPMEU Malaysia, PTGWO Filipina, Kimberley Carl dab SIG Thailand dan VIUT Vietnam) dengan total peserta 38 orang.

Pada sesi pembukaan dihadiri para Pimpinan Federasi di Indonesia dari CEMWU diwakili Afif Johan, ST, SH Sekretaris Umum.

Setelah itu dilanjut presenstasi oleh Tom Grinter Direktur Chamicals and Pharmaceuticals, Pulp n Paper, Rubber Industries tentang objectives, indicator dan isu.

Setiap Federasi diberikan kesempatan untuk melaporakan kondisi sector Pulp and Paper dari masing-masing negara perwakilan yang hadir, dari CEMWU diwakili oleh Sulistiyono (Sekretaris Bid, Organisasi dan SDM) dalam materinya disampaikan terkait kondisi hubungan industrial di Indonesia dan harapan terhadap Forum Pulp and Paper.

Pada kesempatan yang baik Sulistiyono mengajukan 3 point penting dalam usulannya diantara lain;

  1. Menyusun PKB standar Sektor Pulp and Paper Indonesia
  2. Menyusun langkah menghadapi dampak Revolusi Industri 4.0
  3. Membentuk Forum Pulp and Paper Indonesia

Apa yang telah diusulkan disambut baik oleh Tom Grinter dan juga mengapresiasi inisiatif dari CEMWU serta seluruh peserta dari Federasi di Indonesia juga setuju atas usulan tersebut, dianggap pertemuan ini merupakan langkah awal untuk membangun kekuatan sector Pulp and Paper.

Foto Istimewa, Peserta IndustriALL Global Union Asia Pacific Pulp and Paper Sector Trade Union Network Meeting Foto bersama.

Sebelum ditutup acara IndustriALL Global Union Asia Pacific Pulp and Paper Sector Trade Union Network Meeting, Tom Grinter memberikan ucapan perpisahan serta kenang-kenangan untuk Alex Milner dari CFMEU Australia yang akan memasuki pensiun. (Sul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *