Ratusan Pekerja PT Freeport Indonesia Ikuti Workshop Leadership And Team Building di Timika

by -121 Views

TIMIKA — Ada yang berbeda di Multi Purpose Building, Kuala Kencana dan MP 21 Area, Timika, Papua, dalam pekan keempat bulan Januari 2019. Sekitar 100 lebih orang pekerja PT. Freeport Indonesia (PT FI) mengikuti “Workshop Leadership and Team Building” selama tiga hari, mulai Senin 21 Januari hingga Rabu 23 Januari 2019. Kegiatan Workshop Leadership and Team Building dalam format sharing, diskusi dan outbond ini diselenggarakan oleh Pengurus Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK SP KEP SPSI) PT Freeport Indonesia (PTFI). Tema kegiatan workshop ini adalah “Together Everyone Achieve More”, disingkat TEAM.
Ratusan lebih orang peserta pekerja ini merupakan anggota dari sembilan Pimpinan Unit Kerja (PUK) di Kabupaten Timika, PD SP KEP SPSI Prov Papua, perwakilan Pengurus Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP KEP SPSI) serta Badan Koordinasi (Bakors).
Adapun pemateri dari internal PTFI Departemen LOD (Leadership Organization Departemen), yakni Instruktur Desiderius Pamungkas. Pimpinan Pusat SP KEP SPSI juga memberi tugas kepada Bung Ferri Nurzali (Ketua Bidang Organisasi dan SDM PP FSP KEP SPSI), Bung Wawan (Pengurus Bidang Propaganda Positif PP FSP KEP SPSI), Bung Suparno (Pengurus Pleno PP FSP KEP SPSI) dan Bung Hermasyah (Pengurus Pleno PP FSP KEP SPSI), sebagai pemateri acara workshop tersebut.

LATIHAN KERAPIAN BARISAN Ratusan anggota serikat pekerja peserta Workshop Leadership and Team Building sedang latihan bersama di sesi workshop outdoor di MP 21 Area, Timika, Papua. (ISTIMEWA)
LATIHAN KERAPIAN BARISAN
Ratusan anggota serikat pekerja peserta Workshop Leadership and Team Building sedang latihan bersama di sesi workshop outdoor di MP 21 Area, Timika, Papua. (ISTIMEWA)

Agenda Workshop
Agenda Leadership Training Indoor digelar selama dua hari (21-22 Januari 2019) dan bertempat di Aula Utama Multi Purpose Building, Kuala Kencana. Sedangkan kegiatan outdoor digelar pada tanggal 23 Januari 2019, berlokasi di lapangan terbuka di MP 21 Area, Timika. Materi workshop di dalam gedung di antaranya: ‘ Kemitraan Dalam Hubungan Industrial’, ‘Pengelolaan Organisasi’, ‘Fungsi dan Peran Pengurus dan Bakors’, ‘Problem Solving dan Decision Making’, ‘Communication Skill’, ‘Penguatan dan Konsolidasi’. Sedangkan, kegiatan di luar gedung seperti melakukan praktek membentuk ‘Team Building’ dan ‘Final Challange’.

INDOOR Peserta Workshop Leadership and Team Building sedang latihan organisasi dan kepemimpinan di sesi workshop indoor di Multi Purpose Building,  Timika, Papua. (ISTIMEWA)
INDOOR
Peserta Workshop Leadership and Team Building sedang latihan organisasi dan kepemimpinan di sesi workshop indoor di Multi Purpose Building, Timika, Papua. (ISTIMEWA)

Outbond Leadership and Team Building, PUK PT Freeport Indonesia, Papua, SPKEP SPSI (1) Outbond Leadership and Team Building, PUK PT Freeport Indonesia, Papua, SPKEP SPS
Penguatan SDM Pengurus dan Serikat Pekerja
Ketua Panitia Pelaksana Workshop Leadership and Team Building, Yudha Noya, mengatakan kegiatan tersebut sebagai salah satu agenda utama PUK SP KEP SPSI PTFI. “Salah satunya adalah penguatan Sumber Daya Manusia (SDM),” katanya, kepada Tim Media PP FSP KEP SPSI. Tujuan berikut, kata dia, adalah untuk menyinergikan Pengurus PUK SP KEP SPSI PTFI, sesama pengurus PUK, Pengurus Daerah, Pimpinan Pusat FSP KEP SPSI, maupun dengan Badan Koordinasi. Dia melanjutkan, output dari kegiatan ini adalah agar semua pengurus dan anggota serikat pekerja bisa membangun trust. “Atau saling percaya dalam satu tim sebagai kunci utama kesuksesan kita bersama,” tegasnya.

SIMULASI Dua peserta workshop sedang mengikuti sesi 'Final Challange'. Acaranya seru. (ISTIMEWA)
SIMULASI
Dua peserta workshop sedang mengikuti sesi ‘Final Challange’. Acaranya seru. (ISTIMEWA)

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi Pengembangan SDM PUK SP KEP SPSI PTFI, Agus Patiung, menambahkan program yang dijalankan pada workshop tersebut rencananya akan dijadikan program berkelanjutan. Menurutnya, konsolidasi organisasi dari tingkat atas hingga tingkat bawah perlu dibangun dan disinergikan; “Karena semuanya bertujuan untuk memperjuangkan kepentingan anggota Serikat Pekerja (SP),” jelasnya.

SESI KEPEMIMPINAN Peserta antusias mengikuti semua sesi workshop yang digelar selama tiga hari. (ISTIMEWA)
SESI KEPEMIMPINAN
Peserta antusias mengikuti semua sesi workshop yang digelar selama tiga hari. (ISTIMEWA)

Selanjutnya, Ketua PUK SP KEP SPSI PTFI, Lukas Saleo memaparkan bahwa tujuan kegiatan workshop ini diharapkan agar pengurus di tingkat PUK bisa memiliki sikap profesional dalam bekerja, berorganisasi dan melayani para anggota Serikat Pekerja. Ketua Dewan Pimpinan Daerah SP KEP SPSI, Pakris Umbora memberikan komentar terkait acara workshop tersebut. Dia mengaku bangga acara tersebut digelar di Timika. Pasalnya, acara serupa pernah dilaksanakan namun digelar di Jakarta. “Teman-teman di PUK Freeport ini membuat langkah positif, karena ini workshop kali pertama yang digelar di Timika, Papua dan kami berharap bisa dilaksanakan secara terus menerus,” katanya, berharap.

MAKIN KOMPAK Peserta workshop mengaku setelah mengikuti acara tersebut, mereka semakin kompak, peduli pada pekerjaan dan anggota serikat pekerja lainnya. Panitia dinilai sukses menyelenggarakan acara ini. (ISTIMEWA)
MAKIN KOMPAK
Peserta workshop mengaku setelah mengikuti acara tersebut, mereka semakin kompak, peduli pada pekerjaan dan anggota serikat pekerja lainnya. Panitia dinilai sukses menyelenggarakan acara ini. (ISTIMEWA)

Apresiasi untuk Manajemen PT Freeport Indonesia
Yudha Noya, Agus Patiung, Lukas Saleo dan Pakris Umbora memberikan apresiasi kepada perusahaan PT Freeport Indonesia atas dukungan melaksanakan Workshop Leadership and Team Building ini. “Dukungan perusahaan terhadap acara semacam ini sangat luar biasa, karena dibantu secara penuh baik peralatan, pemberi materi maupun lokasinya. Kami ucapkan terima kasih,” ujar Pakris Umbora. (Tim PP FSP KEP SPSI/Zaky)

————–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *