FSP KEP SPSI Ikuti ‘IndustriALL Global Union’s Rubber Industry Meeting’ di India

by -93 Views

INDIA (Berita SPKEP SPSI) — Untuk kali kesekian, Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SP KEP SPSI) mendapat undangan dari Industri ALL Global di pertemuan internasional. Kali ini SPKEP SPSI menghadiri acara bertajuk “Industri ALL Global Union’s Rubber Industry Meeting” dan digelar pada 18-19 Desember 2018, di Hotel Sofitel BkC, Mumbai, India. Wakil SPKEP SPSI adalah Ferri Nurzali, SE., selaku Ketua Bidang SDM dan Organisasi sekaligus Ketua PC Karawang SPKEP SPSI.
Selain Ferri Nurzali, delegasi lain dari Indonesia adalah Hasan Ahmad dari Chemical Energi and Mined Worker’s Union – Cemwu – SPSI Indonesia dan perwakilan dari Goodyear Indonesia. Selain dari Indonesia, acara tahunan tersebut dihadiri peserta dari berbagai negara, di antaranya Turki, Vietnam, Argentina, Swiss, India, Cile, Itali, Malaysia, Meksiko, Filipina, Afrika Selatan, Sri Lanka, dan Thailand.


Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Ferri Nuzarli, menyampaikan permasalahan tantangan Serikat Pekerja baik internal maupun eksternal di Indonesia. Dalam paparan powerpoint 25 halaman, Ferri menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki belasan perusahaan ban. Diantaranya PT. Gadjah Tunggal, Tbk; PT. Bridgestone Indonesia; PT. Sumi Rubber (Dunlop); dan lainnya. (TABEL 1)


Perusahaan Bridgstone masih menguasai pangsa pasar (market share) sebesar 53%, kemudian diikuti Dunlop (27%), Gajah Tunggal (12%) dan lainnya terbagi oleh Goodyear (4%), Achilles (3%), dan Hankook (1%).
Ferri memaparkan, dalam tantangan internal dan ekstenal yang dihadapi kalangan Serikat Pekerja di Industri Ban.
Tantangan Internal terdiri dari :
1. Kesejahteraan yang Lebih Baik. Ada Kehendak Distandarkan ke Undang-undang (UU).
a. Sistem Kenaikan Upah
b. Sistem Jaminan Kesehatan
c. Kompensasi PHK.
2. Dengan management Global dalam Monitor Asia Pasifik dan atau Global, Tetapi Upah Lokal.
3. Revolusi 4.0 (ROBOT)
4. permasalahan Hubungan Industrial di Bridgstone Tire Indonesia.
Sedangkan Tantangan External terdiri dari:
1. Era ACFTA : Berlaku Sejak Tahun 2010
2. Era MEA : Berlaku Sejak Tahun 2015
“Kami mengucapkan banyak terima kasih yang tak terhingga kepada kawan-kawan seperjuangan. Alhamdulillah, berkat doa saudaraku hari ini, saya sudah diberikan kesempatan untuk mempersentasikan tentang permasalahan dan tantangan Serikat Pekerja baik internal maupun eksternal dengan tidak ada hambatan apapun,” kata Ferri Nurzali, kepada Tim Media PP SPKEP SPSI, dalam sambungan via pesan media sosial, Jakarta (19/12/2018).


Setelah sesi delegasi Indonesia, delegasi dari Filipina, Thailand, Malaysia dan Vietnam juga memberikan pemaparan kondisi Serikat Pekerja di negaranya masing-masing. Sesi selanjutnya adalah tanggapan. Delegasi yang memberikan tanggapan berasal dari Turki, Afrika Selatan, Sri Langka, Cile dan Mexico SNTGTM.
Pemateri utama adalah Assistant General Secretary, IndustriALL Global Union, Kemal Özkan; dan Director Chemicals and Pharmaceuticals, Pulp and Paper, Rubber Industries, Tom Grinter. Kemal Ozkan memaparkan Lima Strategi Respon Serikat Pekerja dalam Menghadapi Tantangan Industri Ban di Dunia. Yakni; pertama, Membela Hak-hak Pekerja; kedua, Membangun Kekuatan dan Pengorganisasian Serikat Pekerja; ketiga, Menghadapi Investasi Global yang gencar di sejumlah negara berkembang. Kemudian, keempat adalah Berjuang Sungguh-sungguh Membela Kepentingan Pekerja, dan kelima, Mempromosikan Kebijakan Industri yang Berkelanjutan.


Regional Secretary, IndustriALL Global Union, Apoorva Kaiwar, saat membuka acara, menyampaikan poin penting tentang kondisi Industri Ban di dunia dan Aksi Strategi secara internasional yang dilakukan Organisasi Industri All pada sektor ini. Dua sesi lain yang tak kalah penting adalah; pertama, “Revolusi Industri Keempat (Industri 4.0) dan Digitalisasi: Dampak pada Masa Depan”; dan sesi kedua tentang “Produksi dan Masa Depan Kerja – Konsekuensi yang Mungkin dalam Industri Karet”. Tim Media PP SPKEP SPSI/Zaky)
Berita Terkait:
— https://spkep-spsi.org/ribuan-buruh-bridgestone-karawang-menggelar-demontrasi-tuntut-upah/
— https://spkep-spsi.org/puk-spkep-spsi-di-bridgestone-tuntut-pengurus-non-aktif-dipekerjakan-kembali/
— https://spkep-spsi.org/kemeriahan-aksi-unjuk-rasa-ribuan-pekerja-bridgestone-dari-pabrik-bekasi-karawang/
— https://spkep-spsi.org/tri-budi-santoso-pimpin-puk-pt-bridgestone-tire-indonesia-karawang-plant-periode-2018-2021/